Jumat, 16 Desember 2011

LPM Penalaran UNM Raih Dua Kategori Penghargaan Pada Ajang Neouron Award 2011


Organisasi yang sehat adalah organisasi yang mempunyai manajemen yang baik. Hal tersebut mutlak diaplikasikan dalam sebuah organisasi, bentuk pengaplikasian dari manajemen tersebut dapat terlihat dari visi misi yang jelas, struktur organisasi yang mapan, sistem kaderisasi yang memadai, sampai kepada kebermanfaatan dari kegiatan-kegiatannya bagi mahasiswa. Tanpa adanya pengelolaan yang baik sehebat apapun visi, misi dan tujuan sebuah organisasi maka hanya akan melahirkan sebuah harapan kosong yang mustahil untuk diraih.

Neouron Award merupakan ajang penghargaan kepada lembaga riset mahasiswa se Indonesia. Kegiatan ini hadir dengan tujuan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada organisasi riset mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang terbukti mampu mengelola lembaganya dengan baik, memiliki prestasi tinggi, dan berkontribusi banyak dalam mengatasi problematika di lingkungan masyarakat dan kampusnya melalui dunia penelitian. Harapannya dengan adanya pemberian penghargaan ini akan memacu para pengurus organisasi untuk menjadikan organisasinya sebagai organisasi yang benar-benar matang, profesional, prestatif, dan kontributif. 

Kegiatan ini dimulai dengan pengiriman berkas lembaga berupa formulir penilaian yang berisi data tentang visi organisasi, pola pengkaderan, kinerja organisasi, prestasi organisasi hingga program kerja organisasi. Setelah melewati tahap seleksi berkas, maka diputuskanlah ada 19 Lembaga Riset Mahasiswa seluruh Indonesia yang berhak maju ke tahapan berikutnya termasuk didalamnya LPM Penalaran UNM. Tahapan seleksi yang dimaksud adalah self assessment, tinjauan ke sekretariat lembaga, serta interview kepada ketua lembaga dan juga dengan mempertimbangkan aspek pengelolaan lembaga, sistem kaderisasi, budaya diskusi, pengelolaan jaringan, prestasi, riset dan publikasi, serta kontribusi yang diberikan lembaga terhadap kampus dan masyarakat di sekitarnya, maka terpilihlah 11 organisasi riset mahasiswa terbaik se Indonesia versi MITI-Mahasiswa yang selanjutnya berkompetisi di babak final The Neuron Award yang berlangsung di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung pada hari Ahad, 27 November 2011. Berikut adalah 11 lembaga finalis The Neuron Award tersebut:
  1. Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian MahasiswaUniversitas Negeri Padang (PPIPM UNP)
  2. Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian Universitas Negeri Semarang (UKMP UNNES)
  3. Lembaga Kajian Mahasiswa Universitas negeri Jakarta (LKM UNJ)
  4. Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UKIM UNESA)
  5. UKM Gama Cendikia Universitas Gajah Mada (GC UGM)
  6. UKM Forum For Scientific Studies Institut Pertanian Bogor (FORCES IPB)
  7. Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (LEPPIM UPI)
  8. UKM Excellent, Intellectual, and Smart Student Universitas Jambi (EXIST UNJA)
  9. UKM Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM UNM)
  10. UKM Rekayasa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Universitas Negeri Semarang (RIPTEK UNNES)
  11. UKM Research & Business Universitas Diponegoro (RNB UNDIP)
Sebagai salah finalis LPM Penalaran UNM mengutus saya (Wahyuddin) sebagai wakil dari LPM Penalaran UNM untuk melakukan presentasi dihadapan para juri. Sabtu tangal 26 November merupakan hari Keberangkatan saudara Wahyuddin ke Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26-27 November di Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung. Saya tiba di Jakarta pada hari Sabtu tanggal 26 November 2011 pada pukul 17.45 WIB. Sesampainya di Jakarta lansung menuju Bandung dengan menggunakan Travel. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam, tibalah saya di kota Bandung dan dijemput oleh Alumni kami dari LPM Penalaran UNM yang sementara melanjutkan pendidikannya di UPI. Tak lama kemudian tibalah kami di UPI Bandung dan bertemu dengan panitian pelaksana Neouron Award 2011 yang sementara mengadakan Technikal meeting dengan finalis lainnya. Setelah melakukan Technical Meeting maka seluruh peserta diizinkan untuk beristirahat.

Pada tanggal 27 November 2011 tepatnya hari Minggu, agenda yang ditetapkan yaitu Seminar Nasional dan Presentasi lembaga. Pukul 08.00 WIB dimulailah seminar nasional yang dilaksanakan di Aula Fakultas Teknik Universitas Pendidikan Indonesia. Belum selesai kegiatan seminar tersebut, panitia mengirimkan pesan singkat kepada para finalis untuk pindah ke ruang sebelah untuk memulai agenda presentasi.

Kabut tipis yang menyelimuti Kota Bandung hari itu menjadi saksi bisu perjuangan masing-masing perwakilan lembaga untuk meyakinkan juri, bahwa lembaga merekalah yang terbaik, sehingga layak mendapatkan penghargaan yang bergengsi ini. Masing-masing finalis memiliki waktu 25 menit untuk mempresentasikan lembaganya di depan juri dan audiens, yang terdiri dari 5 menit untuk pemutaran video profil lembaga, 10 menit presentasi, dan 10 menit terakhir merupakan tanya jawab dengan dewan juri. Pada kesempatan kali ini, dewan juri terdiri dari Dr. Edi Sukur dari Kemenristek, IBP Angga Antagia, SE (Ex Presidium Nasional FoSSEI), dan Aditya Rangga Yogatama, SE.dari Department Jaringan dan Kemitraan MITI-Mahasiswa. Namun, karena harus menghadiri agenda lain, setelah istirahat siang, Dr Edi Sukur digantikan oleh Ibu Istiqomah, MT (Dosen UPI). Yang mendapat kesempatan pertama untuk presentasi yaitu perwakilan dari Universitas Negeri Jakarta sedangkan LPM Penalaran UNM mendapat kesempatan ke Sembilan.

Masing-masing finalis tidak sekedar mempresentasikan lembaga mereka, tetapi juga harus sabar dalam menjawab pertanyaan serta menanggapi komentar, kritik, dan saran dewan juri, yang mana semuanya itu akan menjadi pertimbangan dewan juri dalam menentukan peraih penghargaan The Neuron Award ini.  Ada 5 kategori award yang diperebutkan yaitu: Best Performance, Best Contributive, Best Research and Publication, Best of the Best, dan Best Favorite. Khusus Best Favorite, peraihnya ditentukan oleh jumlah voters lembaga tersebut  yang difasilitasi di website MITI-Mahasiswa. Masing-masing peraih award akan meraih penghargaan berupa trophy  dan sertifikat dari MITI-Mahasiswa, serta uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000 untuk Best Favorite, Rp 3.000.000 untuk 3 kategori yang lain, dan khusus Best of the Best akan memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000.
 
Cukup sulit bagi dewan juri, untuk menentukan peraih masing-masing kategori yang diperebutkan. Perdebatan antar dewan juri pun sesuatu yang tidak bisa dielakkan, sampai akhirnya pada hari Ahad, 27 November 2011 tepat pada pukul 17.30 WIB di Fakultas Pendidikan Teknik UPI,  diputuskanlah para peraih The National Research Organization Award 2011 MITI-Mahasiswa, yang langsung disampaikan oleh perwakilan dewan juri IBP Angga Antagia, dengan hasil sebagai berikut:
  1. Best of the Best diraih oleh UKM Forum for Scientific Studies (FORCES) Institut Pertanian Bogor
  2. Best  Performance diraih oleh UKM Penelitian Universitas Negeri Semarang
  3. Best Contributive diraih oleh LPM Penalaran Universitas Negeri Makassar
  4. Best Research and Publication diraih oleh UKM Pengkajian dan Penelitian Gama Cendekia UGM
Sementara itu, khusus untuk Best Favorite sepenuhnya ditentukan dari voting lembaga yang masih berlangsung hingga 8 Desember 2011. Pada tanggal 9 Desember 2011 diumumkanlah bahwa LPM Penalaran UNM sebagai peraih penghargaan best favorit versi MITI 2011. 

Berikut merupakan hasil akhir jumlah suara yang dimiliki masing-masing lembaga yang lolos pada putaran semi-finalis Neuron Award MITI-Mahasiswa, yang proses voting berakhir pada 8 Desember 2011.
  1. Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) – UNM 4520
  2.  Kelompok Peneliti Muda (KPM) – UNJ 3948
  3. Research & Business (R & – Undip 3685
  4. Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) – UNP 2269
  5. Forum for Scientific Studies (Forces) – IPB 966
  6. Gama Cendikia (GC) – UGM 890
  7. Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa (Leppim) – UPI 846
  8. Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (KPI) – Unhas 684
  9. Lingkar Ilmiah Studi Mahasiswa (Lisma) – Untan 588
  10. Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa (UKIM) – Unesa 439
  11. Kelompok Studi Mahasiswa Eka Prasetya (KSM EP) – UI 415
  12. Lembaga Kajian Mahasiswa (LKM) – UNJ 414
  13. Inkubator Sains (Inkubs) – USU 388
  14. Rekayasa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Riptek) – Unnes 364
  15. Excellent, Intellectual, and Smart Student (Exist) – Unja 348
  16. Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) – UNS 291
  17. Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Penelitian Mahasiswa (UKM KPM) – UMY 85
  18. Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) – Unnes 72
  19. Kelompok Ilmiah (KI) – Poltekkes Kemenkes Malang 42
Semua peraih award akan diundang pada acara Gebyar Inovasi Pemuda Indonesia (GIPI) 2 MITI pada bulan Januari 2012 nanti untuk menerima pemberian Penganugerahan The Neuron Award MITI-Mahasiswa secara resmi.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...