Senin, 01 Oktober 2012

Training of Trainer (ToT)

Masih teringat beberapa minggu yang lalu saat saya berbincang dengan dua orang senior saya yang telah saya anggap sebagai seorang kakak. Saat itu kita berbincang tentang beberapa program kerja yang belum terselesaikan. Padahal jika dilihat dari jarak waktu untuk akhir kepengurusan sudah tak bisa dikatakan lama lagi. Yah, aku memang kadang harus diingatkan saat aku mulai lupa dengan hal-hal yang sangat krusial. 

Aku pertamanya sangat optimis bahwa semua program kerja dapat terselesaiukan tepat pada waktunya, utamanya Training of Trainer (ToT) yang merupakan program kerja bidang Pendidikan dan Pelatihan. Namun, dengan seabrek kesibukan dan beberapa program kerja yang belum terselesaikan hingga menjelang September, optimisme tersebut mulai memudar.

"Sahabat selalu memberi keajaiban dan kekuatan magis", yah mungkin terdengar aneh, namun itulah yang terjadi, setelah pelaksanaan Karya Bakti Ilmiah dan Workshop PKM yang berjalan cukup lancar dan sukses, optimisme tersebut kembali hadir. Mulailah disusun kepanitiaan meskipun dengan range waktu yang sangat singkat. dan dengan berbagai permasalahan yang terjadi pra pelaksanaan acara. 

Setelah pembetukan panitia dan perubahan komposisi kepanitiaan, maka mulailah saya, pengurus, dan kepanitiaan secara umum(SC dan OC) disibukkan dengan tanggung jawab masing-masing, baik itu tanggung jawab yang tertulis di Pedoman organisasi maupun tanggung jawab yang memang melengket dalam hati. Bolak-balik rumah nalar-Rektorat merupakan kegiatan rutin yang saya tekuni, mendampingi panitia melakukan pengumpulan dana, serta mengontrol kesiapan pelaksanaan kegiatan menjadi aktivitas keseharianku selama beberapa minggu.

Aku pun kadang harus merasa tidak enak kepada kakak-kakak atau lebih tepatnya teman-teman SC karena kami seumuran, yang harus begadang dan pulang tengah malam ke kost mereka padahal beberapa dari mereka adalah cewek. Terima kasih, telah bersama menyukseskan kegiatan ini saudara. Saya pun kagum dengan kepanitiaan, meskipun masih ada banyak celah dari kepanitian di sana-sini, serta kekeliruan-kekeliruan yang harusnya tidak terjadi. Tapi saya yakin bahwa itu di luar kuasa kalian. 

"Lembaga ini adalah keluarga, bukan sekadar organisasi", itu adalah kalimat yang entah telah berapa kali saya ucapkan, dan kali ini saya kembali tersadar akan hal itu. Alumni LPM Penalaran yang saya yakin pasti punya banyak kesibukan masih menyempatkan waktunya untuk hadir membawakan materi hanya untuk kami. Terima kasih atas pengorbanan materi, waktu, dan ilmunya kakak. 

Terima kasih atas optimisme semua elemen yang kalian salurkan, kegiatan yang awalnya kita rencanakan diadakan dengan konsep sederhana dan hanya dilaksanakan di sekretariata atau paling tidak hanya di dalam kota akhirnya bisa kita laksanakan di luar dari pikiran awal kita. 

Akhirnya program kerja itu telah terlaksana, kamu pasti senang kan "Nisha". Saya sebut namamu dalam tulisanku ini karena kaulah yang paling sering mengingatkan saya tentang kewajiban kita ini. Akhirnya terima kasih untuk semuanya yang telah mendukung kesuksesan kegiatan ini, semoga kader yang dilahirkan di ToT ini sesuai dengan tujuan dilaksanakan ToT ini.

5 komentar:

Nisha? panasaran dgn nama itu. kapan diposting orangnya?hehehe

Reply Comment

@Javas K. Niscala:Hahaha,,, dia itu adek saya, anggota bidang Pendidikan dan Pelatihan di Lembaga kami. Dia yang kami beri tanggung jawab untuk menghandle kegiatan itu sob. Hehehehe
Jadi, bukan hubungan yang aneh-aneh sob.

Reply Comment

selamet deh kalo acaranya sukses , memang sulit memegang tanggung jawab itu :)

Reply Comment

boleh mnta no wa ta? mau membahas tntang konsep tot

Reply Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...