Minggu, 05 Agustus 2012

Memaknai 17

"Aku", maaf jika dalam setiap tulisanku teori keberakuanku terlalu tinggi, namun itu bukanlah esensi dan substansi dari apa yang ingin kutuliskan. Pagi yang ranum ini aku akan sedikit menuliskan persefsi dan alasan mengapa saya sangat suka dengan beberapa angka-angka khususnya angka 17. Aku sebenarnya bukanlah orang yang terlalu percaya dengan mitos akan hoki dari sebuah angka, namun ini bukanlah keyakinan atas hal tersebut. Aku suka angka itu mungkin sama seperti aku mencintai seorang wanita, dimana aku tak bisa mendefinisikan dan memberi batasan akan hal tersebut. Kali ini aku akan menuliskan akan sejarah yang tertoreh di setiap angka 17 dan memaknai angka 17 dari berbagai aspek dan sudut pandang.
Berikut ini akan saya tuliskan keistimewaan angka 17 yang saya rangkum dari berbagai sumber dan saya kembangkan dari pergulatan nalar saya, mari memaknai angka 17:
  1. Angka 17 terdiri dari dua angka, yaitu angka 1 dan angka 7. Aku sangat suka dengan angka 1, mungkin karena angka itu melambangkan kekuasaan, prestasi, kualitas dan tingkatan tertinggi apabila kita berbicara tentang strata. Aspek kekuasaan, prestasi, kualitas dan starata tertingggi sering dilambangkan dengan kata "Nomor 1". Tak hanya itu dalam islam angka 1 melambangkan akan ke-Esaan, Maha Satu, Maha Agung atau Al-wahid Tuhan. Angka satu pun melambangkan akan kebaruan atau pertama. Sedikit mengutip kalimat dalam film 3 Idiots bahwa "yang pertama akan selalu diingat dan setelahnya entahlah" maka manusia senantiasa menjadi orang yang pertama dan mengukir sejarah. (begitupun mungkin dengan ciuman pertama #hehehe). Sedangkan angka 7 sangat banyak yang menemukan keunikan dengan menulikan angka ini, misalnya:

    > Keajaiban dunia meskipun selalu mengalami perubahan tetapi selalu berjumlah 7 dan disebut dengan  7 keajaiban dunia.
    >7  Lapis langit dengan dasar Surah Al-Baqorah ayat 29 sebagian ulama menyebutkan ( Lapisan Troposfer, Stratosfer, Ozonosfer, Mesosfer, Termosfer, Ionesfer dan Eksosfer)
    >7  Samudera (Pasifik Utara, Pasifik Selatan, Atlantik Utara, Atlantik Selatan, Hindia, Antartika,& Artik)
    >7 Benua (Asia, Australia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Eropa, dan Antartika)
    >7 Lapis bumi
    >dan 7 hari dalam seminggu
  2. Sebuah keistimewaan angka 17 pun terlihat pada jumlah rakaat Shalat Fardhu dalam sehari semalam yaitu 17 rakaat.
  3. Hari turunnya Al-Quran menuliskan keistimewaan angka 17, Al-Quran turun pertama pada tanggal 17 Ramadhan di Gua Hira.
  4. Akupun sebagai manusia yang dilahirkan di Indonesia bangga dengan tanggal kemerdekaan Indonesia yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.
  5. Hal yang agak aneh pun sering aku dengar bahwa 17 tahun adalah pembatas antara kanak-kanak dengan remaja. Umur 17 tahun dianggap sebagai masa transisi dari segi pemikiran dan mungkin juga secara fisiologis dari anak-anak menuju sebuah kedewasaan.


    Entah, karena keistimewaan tersebut atau  karena alasan lain sehingga aku suka pada angka 17, akupun tak dapat mendeskripsikannya secara jelas.

    Sumber Pustaka: Makna di Balik Angka 17 dan Keistimewaan Angka 17


5 komentar:

iya yah..
angka 1 dan 7 itu sperti pnya daya unik tersendiri.. :D

Reply Comment

@Chumhienk™: iya, ntar karena apa aku sangat suka dengan angka itu. tapi yang pasti bukan karena mitos hoki pada angka tersebut.

thanks sob dah berkunjung ke blogku, :)

Reply Comment

tujuh belas plus plus *blogwalking*

Reply Comment

*blogwalking*

setiap angka memang unik.. semuanyaaaa... saya juga menikmati keindahan angka 1, juga angka 5. dan 8.

Reply Comment

@Gulunganpita: Oh thats, iya keunikan setiap angka dan keistimewaannya.

Reply Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...