Senin, 18 Juni 2012

Metode atau Metodologi Penelitian?


Bayangkan ketika anda berposisi sebagai seorang peneliti dan mendapat sebuah pertanyaan "Apakah konformitas berpengaruh terhadap pengaruh konsumtif remaja?", tentu anda dapa menjawab "ya' atau "tidak". Tapi situasinya akan berbeda jika anda kemudian ditanya mengapa Konformitas berpengaruh terhadap pengaruh konsumtif remaja. Seorang masyarakat ilmiah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti contoh diatas harus mengumpulkan informasi, mengolah innformasi dan membuat kesimpulan atas informasi tersebut. Proses tersebu tentunya menggunakan Metodologi penelitian, metode penelitian, prosedur penelitian dan teknik penelitian. Keempat hal tersebut kadang dicapuradukkan oleh seorang peneliti, hal tersebut wajar jika melihat perbedaan antar keempatnya yang sangat tipis. 
Perbedaan antara keempat hal tersebut diatas bukanlah sebuah permasalahan besar, tapi sebagai seorang masyarakat ilmiah hal tersebut harus dijelaskan secara ilmiah. Pada tulisan kali ini saya akan membahas perbedaan antara metode penelitian dengan metodologi penelitian. Metode penelitian dan metodologi penelitian jika dilihat dari kata dasar ke dua hal tersebut terdiri dari dua kata dasar yang sama yaitu “metode  dan penelitian”. Menurut bahasa, metode sering diartikan cara. Dalam bahasa Arab, metode diartikan thariqah yang berarti langkah-langkah strategis mempersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan (Ramayulis dalam Yahya, 2004:155). Jika dipahami dari asal kata bahasa Inggris, yaitu method mempunyai pengertian yang lebih khusus, yakni cara yang tepat dan cepat dalam mengerjakan sesuatu. Karena secara etimologis metode diartikan sebagai cara yang paling tepat dan cepat, maka ukuran kerja suatu metode harus diperhitungkan secara ilmiah. Oleh karena itu, suatu metode senantiasa hasil eksperimen yang telah teruji. (Ahmad Tafsir dalam Yahya, 1996).

Hal tersebut seirama dengan pendapat yang dikemukakan oleh Dr. Ulber Silalahi, MA. dalam bukunya Metode Penelitian Sosial yang mengungkapkan bahwa metode merupkan cara yang teratur untuk mencapai suatu maksud yang diinginkan atau dapat diartikan sebagai cara mendekati, mengamati, dan menjelaskan tentang suatu gejala dengan menggunakan landasan teori. Dalam arti luas, metode penelitian merupakan cara dan prosedur yang sistematis dan terorganisir untuk menyelidiki suatu masalah tertentu dengan maksud mendapatkan informasi untuk digunakan sebagai solusi atas masalah tersebut (Silalahi; 12-13, 2009).

Dari ke dua pendapat diatas dapatlah disimpulkan bahwa metode adalah keseluruhan langkah ilmiah yang digunakan untuk menemukan sebuah solusi atas sebuah permasalahan yang terjadi.

Masih pada tahapan analisis etimologi atau kebahasaan, secara etimologi Penelitian adalah suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis, untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data dilakukan secara ilmiah, baik bersifat kuantitatif maupun kualitatif, eksperimental maupun non eksperimental, interaktif maupun non interaktif (Nana Syaodih dalam Yahya, 2005:5). Penelitian adalah upaya yang sistematik untuk mencari jawaban atas suatu masalah (Sandjana dalam Yahya, 2006). Jawaban yang dicari tersebut bisa jawaban yang abstrak dan umum atau yang kongkret atau spesifik.

Penelitian jika dilihat dari segi kebahasaan merupakan terjemahan dari kata Research dalam bahasa Inggris yang dalam terjemahan bebas berarti "mencari kembali". Untuk melihat lebih jelas pengertian dari penelitian itu sendiri berikut akan say paparkan beberapa pendapat dari beberapa ahli yang berkomentar mengenai metode penelitian itu sendiri

  1. Hilway (1956) mengungkapkan bahwa penelitian tidak lain dari suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehimgga didapat pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut 
  2. Whitney (1960) mentakan bahwa penelitian merupakan suatu metode untuk menemukan kebenaran sehingga penelitian juga merupakan metode berpikir kritis.
  3. John (1949) Penelitian adalah suatu pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antar fakta dan menghasulkan dalil atau hukum


Maka dengan demikian metode penelitian dapat dipahami sebagai tata cara bagaimana suatu penelitian dilaksanakan. Sementara itu, Sugiyono (dalam Yahya) mendefinisikan metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Selanjutnya dalam pengertian yang luas, Sugiyono menjelaskan bahwa metode penelitian adalah cara-cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid, dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan dan dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah. Dalam pengertian yang lain Nana Syaodih Sukmadinata (2005:52) mendefinisikan metode penelitian sebagai rangkaian cara atau kegiatan pelaksanaan penelitian yang didasari oleh asumsi-asumsi dasar, pandangan-pandangan filosofis dan idiologis, pertanyaan dan isu-isu yang dihadapi. (Yahya; 2012)

Sedangkan metodologi penelitian adalah secara kebahasaan berarti ilmu tentang metode. Metodologi penelitian adalah ilmu yang mempelajari cara yang digunakan untuk menyelidiki masalah yang memerlukan pemecahan. Metodologi penelitianj lebih menjelaskan mengapa metode penelitian ":A" yang digunakan untuk melakukan penelitian "B". Sehingga Dr. Ulber Silalahi MA. menyatakan bahwa: "Jika cara-cara bagaimana melakukan penelitian disebut sebagai metode penelitian, studi tentang metode penelitian dinamakan metodologi penelitian. Jika metode penelitian menyangkut cara yang dipergunakan untuk melakukan penelitian, metodologi penelitian mengandung pengertian mengenai penjelasan tentang alasan penggunaan cara untuk melakukan penelitian yang dipilih (Silalahi, 14; 2009)

Daftar Pustaka;

Nasir, Muhammad. 1983. Metode Penelitian. Bogor: Yudistira
Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama
Yahya, Dede. 2012. Pengertian Metode Penelitian dan Jenis-jenis Penelitian (online). Diakses pada

Sumber Gambar : http://ardiardiansyah.files.wordpress.com/2011/12/smart-baby1-main_full.jpg

6 komentar:

Oke sob, terima kasih atas kunjungannya di blog sederhana saya.

Reply Comment

Wah saya tiba2 jd ingat waktu Revisi Proyek akhir dulu..hehe. Nice post bro! jangan lupa Follbecknya :)

Reply Comment

Wah dah sarjana yah brow???? oke deh brow,,,,

Reply Comment

Wah mengingatkan saya saat melakukan penelitian ilmiah. Diberi pertanyaan tapi saya tidak bisa menjawab. :D apes tenan waktu itu.

Reply Comment

Iya saudara, ini hanya proses belajar saya. Karena dengan menulis aku membaca dan dengan membaca aku mengingat.

Reply Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...